Selamat Datang di ceritariora.blogspot.com

Mari Berbagi Inspirasi dan Informasi

Selasa, 19 Oktober 2010

Berbagi Pengalaman Tes GAT PLN :)

Assalammualaikum wr wb....
Selamat siang semua.....
Alhamdulillah tes tahap satu (GAT) rekrutmen pegawai PLN yang dilaksanakan di Unila telah saya hadapi. Saya akan berbagi pengalaman dengan teman2 yang mungkin mencari rujukan tentang GAT test.
General Aptitude Test atau GAT itu merupakan tes yang berisi 9 bagian soal. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :
Bagian 1 (20 Soal) terdiri dari soal2 pilihan ganda tentang pengetahuan umum, sinonim, dan antonim. misalkan jarak jakarta-surabaya berapa?, tinggi rata-rata anak 10 tahun berapa?, terus lawan kata hemat, dll. kira2 sperti itu soalnya... kalo saya, mau nggak mau ya kejawab semua... hehehe
Bagian 2 (20 Soal) pilihan ganda juga, isinya adalah tentang mencari satu kata yang tidak sama dengan 4 kata lainnya. jadi ada 5 kata (a, b, c, d, e) nah dari lima itu ada kata yang tidak sama dengan kata yang lain. contohnya sama kayak dibuku2 TPA atau Psikotes dah... ni juga saya isi semua....
Bagian 3 (20 Soal) isinya tentang padanan kata, misal Hutan : Pohon = Tembok : ........ jawabanya Bata. ini juga pilihan ganda, so isi semua yahh... :)
Bagian 4 (lupa berapa soal, 15 mungkin) isinya soal tentang mencari kata umum dari dua kata khusus yang telah ditentukan. misal pada soal di tulis : mawar, melati. so kita tulis jawaban di LJK kita bunga. gitu aj soalnya. kalo saya sih jawab semua... :)
Bagian 5 (20 Soal) isinya tentang hitungan matemetika biasa. tapi inget semua bagian soal GAT waktunya SANGAT terbatas.... hhmmmm.... kalo saya tadi kejawab 11 soal... Alhamdulillah.. hehhehe
Bagian 6 (20 Soal) hitungan berpola. kayak 2 4 6 .. isinya 8... tadi saya nggak jawab semua karna waktunya mepet bgt...
Bagian 7 (20 Soal) isinya sih kalo saya bilang tes menebak gambar bangunan pecah... haahaa... bisa kan dibayangkan... isi semua aja :)
Bagian 8 (20 Soal) nah ini ni soal yang buat otak panaaaaaaass.... pusing abissss..... mencari kotak yang sama dari 5 kotak tersedia dimana disetiap sisi kotak memiliki tanda yang berlainan.... ada tuh contoh latihannya di buku2 panduan TPA dan psikotes... pelajari n cari triknya... kalo udah dapat triknya kasih tau saya yaahh.. :)
Bagian 9 (20 soal) ini tesnya adalah menghapal. jadi kita diberikan selembar kertas yang isinya antara lain, bunga : mawar, yasmin,... (ada lima) trus kita hapalin dalam waktu 3 menit. pada soal ditanya, kata yang huruf awalannya M termasuk kelompok apa? jawabanya mawar (mudahkan, hehhee...).... tips untuk bagian ini : jangan hapalkan katanya, tapi hapalkan saja huruf awal dari kata-kata tersebut karena semua huruf pangkal dari kata2 tersebut berbeda. (bisa kan? hehehe...)

nah itulah kira2 bentuk dari soal GAT, semoga bermanfaat bagi teman2 yang akan melaksanakan tes GAT. semoga sukses selalu. Amiiiiiiiiiiiin....


3 komentar:

Ilhamanzyz mengatakan...

thanks kawan ....infox

THINK DIVERENT mengatakan...

mantaf boss, insyALLAH sy tgl 13 besok ikut test GAT juga di UNILA,. mohon doanya

Mr Riora mengatakan...

iya sama2, maaf baru bls nih :

@bubi : gimana lulus kmren???

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya, Sering2 Main ke sini ya :)

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More