Selamat Datang di ceritariora.blogspot.com

Mari Berbagi Inspirasi dan Informasi

Sabtu, 13 November 2010

Pengalaman Penting untuk Naik Pesawat Pertama Kali

Assalammualaikum teman.....
Kali ini Saya mau berbagi pengalaman naik pesawat sama teman-teman semua. Cerita pengalaman kali ini dikhususkan untuk teman-teman yang belum pernah naik pesawat  dan akan melakukan penerbangan pertama kali sebagai gambaran bagaimana step dari awal sampai akhirnya boarding (naik pesawat) dan sampai tujuan. Ini adalah pengalaman pertama saya saat naik pesawat dan semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan. Oke mari kita mulai.....

Mendapatkan Tiket
Yang saya sebut tiket disini adalah tiket yang digunakan untuk masuk ke bandara dan untuk check in (eTicket Itinerary)/(Saya sebut tiket 1). Karena setelah check in nanti akan diberikan tiket lagi untuk masuk ke pesawat. (Saya sebut tiket 2). Nah ada beberapa cara untuk mendapatkan tiket 1, antara lain : beli dari travel yang ada di sekitar tempat teman-teman, pesan secara on line dengan mengunjungi langsung website maskapai penerbangan yang akan kita gunakan ( Lion Air, Air Asia, Garuda Indonesia, dll), dan beli langsung di loket yang disediakan di bandara. Saran Saya agar booking tiket 1 dari travel saja agar tidak repot lagi saat di bandara. Lagian pula kalau beli langsung di loket bandara sering ada calo yang menawakan harga  mahal dan ini bahaya bagi kita yang tidak tau. ya bahayanya kita rugi diuang.  :) makanya pesan dari travel saja dan ingat tiket 1 dicetak di travel tempat kita booking. Jadi saat sampai di bandara langsung cari pintu masuk (entry) dengan menunjukan tiket 1 kepada petugas. Oh iya, kalau seandainya teman-teman sedang berada di daerah lain dan tidak mengetahui bagaimana prosedurnya. Bisa saja minta dipesankan dengan keluarga atau siapa saja yang tau (dimanapun mereka berada). Nanti minta kode bookingnnya dan cetak di bandara.

Check In
Setelah mendapatkan tiket 1, Selanjutnya masuk ke Bandara untuk check in. Sebelum menuju tempat check in, akan ada pemeriksaan barang bawaan. Jangan membawa benda logam (gunting misalnya), cairan, dan ada lagi saya lupa :). Jika kita membawa barang dalam bentuk itu maka barang kita tidak boleh dibawa alias harus ditinggalkan (hilang). Seperti gunting saya yang diambil oleh petugas,  hiks :(..
Setelah lewat pemeriksaan barang, langsung menuju tempat check in. Di sini banyaaak sekali loket check in dan kita harus membaca tempat dimana kita harus check in. Pertama tentukan penerbangan kita dalam negeri (domestic) atau ke luar negeri. Setelah itu menuju loket check in. Jika barang bawaan kita tidak terlalu banyak, maka pilih loket Check In Without Baggage. Artinya kita membawa sendiri barang bawaan. Nanti ada tempat penyimpanannya di atas tempat kita duduk.
Setelah check in, kita mendapatkan tiket 2 yang digunakan untuk masuk ke gate (jalur kita naik pesawat), karena terdapat beberapa gate dengan rute yang berbeda-beda. Oleh karena itu HARUS dipastikan kita mengetahui gate penerbangan kita. Gate bisa kita ketahui dari tiket 2 atau tanya langsung dengan petugas saat check in.

Membayar Airport Tax
Setelah check in dan mendapatkan tiket 2, pastikan kita membayar airport tax yang besarnya bergantung bandara. Bandara Soetta Rp. 40.000,-, Bandara SMB II Rp. 35.000,-. Airport tax ini harus dibayar.

Masuk ke Gate
Setelah membayar airport tax, selanjutnya menuju gate penerbangan kita. Sebelum masuk gate akan ada pemeriksaan barang lagi. Setelah itu kita menunggu saat kita boarding (naik pesawat). Saran saya, langsung masuk ke gate kita dan bergabung dengan penumpang lainnya. Tunggu saja pemberitahuan untuk naik ke pesawat dan melakukan penerbangan. Enjoy your flight, hehhee...

Sekali lagi saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman-teman semua yang mungkin masih bingung untuk melakukan penerbangan dengan pesawat. Sengaja Saya kemas dalam bahasa sehari-hari agar mudah dipahami oleh pembaca...
Semoga bermanfaat untuk pembaca semua...

 


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya, Sering2 Main ke sini ya :)

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More